Informasi Untuk Kita

Alasan Mengapa USB Type-C Adalah Fitur Yang Tidak Dapat Ditawar Lagi di Ponsel Android



 Alasan  Mengapa USB Type-C Adalah Fitur Yang Tidak Dapat Ditawar Lagi di Ponsel Android 



Dengan cepat, USB Type-C tahun ini telah menjadi bagian dari lembar spesifikasi setiap ponsel. Entah ponsel baru memiliki USB Type-C, atau tidak. Dan itu sudah dilihat sebagai pro (atau kontra) saat membandingkan ponsel satu sama lain. Sebelum pengenalan USB-C, hampir setiap handset diasumsikan memiliki konektor sebelumnya, microUSB. Dan hampir semua telepon melakukannya. Sekarang, itu berubah.

Dengan Nexus 5X dan Nexus 6P, dan OnePlus 2 sebelumnya, smartphone Android baru-baru ini mulai mengadopsi standar baru secara massal, dan sejauh yang kami tahu, banyak ponsel yang akan diumumkan dalam beberapa bulan mendatang — termasuk HTC Satu M10 dan LG G5 — akan membuat lompatan. Bagi saya, mendukung USB Type-C mutlak diperlukan untuk ponsel saya berikutnya. Inilah alasannya…

1. Dapat dibalik

Hal pertama yang saya sukai dari USB-C adalah, seperti konektor Lightning yang diperkenalkan Apple beberapa tahun lalu, konektor ini benar-benar dapat dibalik. Alih-alih meraba-raba dalam kegelapan mencoba menyambungkan ponsel Anda, kabel akan meluncur ke kanan dalam orientasi apa pun yang Anda gunakan. Sayangnya konektor USB Tipe-A masih memiliki masalah (berapa kali Anda harus menggantinya sebelum berfungsi untuk Anda?), Tetapi setidaknya satu ujung (ujung yang lebih sering Anda colokkan dan cabut) akan mudah untuk pasang, kan?

Reversibilitas adalah sesuatu yang telah dinikmati oleh pemilik iPhone sejak iPhone 5, dan itu adalah sesuatu yang akhirnya perlu menemukan jalannya ke jalur utama ponsel Android. Google tidak selalu mengejar ketinggalan.

2. Ini bukti masa depan

Alasan kedua saya benar-benar membutuhkan USB Type-C untuk ponsel saya berikutnya adalah karena USB Type-C hanyalah masa depan. Kami dapat mengeluh tentang semua kabel dan aksesori microUSB yang kami miliki, tetapi kenyataannya Type-C tampaknya telah menunjukkan bahwa itu lebih baik. Ini adalah rasa sakit yang sangat disayangkan, tetapi itu adalah sesuatu yang saya pikir harus kita terima, dan sesuatu yang akan menjadi lebih mudah seiring waktu. Setengah dari pengisi daya saya sekarang adalah USB Type-C karena saya memiliki Nexus 6P, dan saya sudah mengatasi matinya microUSB.

Jika Anda tidak menyadarinya, handset Android yang tidak memiliki USB Type-C akan menjadi yang menonjol pada tahun 2016. Google telah mendorong dukungan Type-C ke lini Nexus (ponsel yang seharusnya memodelkan Android terbaik untuk pabrikan lain), LG G5 yang akan datang kemungkinan akan mendapatkan dukungan Type-C, HTC One M10 mungkin akan mendapatkan dukungan USB Type-C, dan saya yakin ponsel Motorola generasi berikutnya, ponsel OnePlus , lini V LG, dan banyak lainnya akan mempertimbangkan standar juga.

Mungkin salah satu pengecualian misterius dari daftar ini adalah Galaxy S7, yang konon akan memiliki microUSB pada beberapa perangkat dan USB Type-C pada perangkat lainnya. Kebocoran baru-baru ini menunjukkan bagian bawah perangkat menunjukkan microUSB. Tetapi beberapa bulan yang lalu, Wall Street Journal melaporkan bahwa S7 dan S7 Edge akan memiliki port USB Type-C, dan beberapa sumber untuk 9to5Google – setelah menghabiskan waktu dengan perangkat – mengatakan hal yang sama. Dugaan saya adalah itu akan berkorelasi dengan prosesor mana yang dimiliki ponsel: Exynos vs. Snapdragon.

3. Ini serbaguna

Keuntungan besar lainnya dari USB Type-C adalah tidak hanya untuk pengisian daya dan transfer data seperti sebelumnya. Di Android Marshmallow, Android memiliki prompt baru untuk perangkat dengan port USB-C yang memungkinkan Anda memilih cara menggunakannya. Tentu saja Anda dapat menggunakannya untuk mengisi daya dan mentransfer file seperti halnya dengan microUSB, tetapi ada beberapa opsi baru juga.

Untuk ponsel Android, Anda dapat memilih untuk 1) menggunakan USB untuk mengisi daya perangkat itu sendiri, 2) menggunakan perangkat sebagai catu daya untuk perangkat USB-C lain, 3) untuk transfer file MTP, 4) untuk transfer foto PTP, atau 5 ) gunakan USB-C untuk input MIDI. Aksesori USB telah lama dapat menyediakan fungsionalitas semacam ini untuk berbagai perangkat, tetapi sekarang semudah mencolokkan satu kabel universal dan menggunakannya di seluruh papan.

4. Satu kabel untuk mengatur semuanya

Dan itu bukan hanya ponsel Android. Jika Anda belum memperhatikan, perusahaan lain juga mengadopsi standar baru. MacBook 12-inci yang baru memiliki USB Type-C, jajaran laptop Chromebook Pixel Google memiliki USB Type-C, dan konektornya kemungkinan juga akan masuk ke beberapa perangkat lain di tahun-tahun mendatang. Pemeriksaan masa depan ponsel saya agar kompatibel dengan perangkat di masa depan adalah alasan yang cukup untuk menjadi sesuatu yang benar-benar saya butuhkan di ponsel saya berikutnya.

Tentu saja akan selalu ada pengecualian untuk aturan tersebut (Apple's Lightning muncul dalam pikiran), tetapi pada umumnya saya pikir kita akan melihat colokan USB Type-A — yang saat ini paling populer dengan selisih yang lebar — menghilang selama beberapa tahun mendatang. . Semoga dengan colokan USB Type-C yang muncul di laptop, desktop, all-in-one, tablet, dan lebih banyak perangkat, tidak akan ada kebutuhan untuk Type-A yang kikuk lagi.

5. microUSB menyebalkan

Alasan terakhir dan terakhir saya membutuhkan USB Type-C di ponsel saya berikutnya adalah microUSB itu — meskipun ini jelas merupakan salah satu konektor USB paling populer yang pernah ada — hanya saja tidak terlalu bagus. Itu tidak memiliki kemampuan transfer dan daya dari steker Type-C, dan yang lebih penting bagi saya, itu tidak tahan lama.

Setidaknya menurut pengalaman saya, microUSB telah lama menjadi titik kegagalan ponsel Android. Setidaknya ada beberapa kali - dan mungkin ini hanya karena saya lebih "hardcore" pengguna daripada kebanyakan, mengingat saya menggunakan dan meninjau telepon untuk mencari nafkah - bahwa saya memiliki port microUSB yang rusak pada saya. Kabel biasanya baik-baik saja, tetapi titik lemahnya — bagian yang sebenarnya merupakan bagian dari telepon mahal — tidak memiliki daya tahan terbaik. Selama bertahun-tahun ada artikel yang beredar tentang cara memperbaiki port microUSB yang hilang pada berbagai ponsel Nexus, dan itu hanya perlu menjadi masalah di masa lalu.

Selamat tinggal, microUSB.

Itulah tadi artikel mengenai  Alasan  Mengapa USB Type-C Adalah Fitur Yang Tidak Dapat Ditawar Lagi di Ponsel Android ,semoga bermanfa'at.


0 Komentar untuk " Alasan Mengapa USB Type-C Adalah Fitur Yang Tidak Dapat Ditawar Lagi di Ponsel Android "

Back To Top