Ini Cara Memperbaiki Android yang Tidak Terhubung ke Wi-Fi.Ponsel Android mengesankan. Fitur dan desain mereka telah mengejutkan banyak pengguna; tetapi apakah Anda mengalami masalah konektivitas Wi-Fi di ponsel atau tablet Android Anda? Jika Anda melakukannya, Anda bukan satu-satunya karena masalah Wi-Fi android cukup umum. Untuk alasan ini, kami telah membuat daftar solusi yang akan membantu Anda menyelesaikan masalah Wi-Fi di perangkat Android Anda.
Kami akan berbicara tentang tips, solusi, dan solusi untuk "smartphone android": Samsung Galaxy, HTC, Nexus dan LG dan semua varian. Kami akan mulai dengan solusi sederhana dan pindah ke solusi yang rumit ketika kami mencoba memperbaiki masalah yang mungkin Anda hadapi.
Solusi untuk Android Tidak Terhubung ke Wi-Fi
Mengapa ponsel / tablet android saya tidak terhubung ke internet?
Meskipun tidak ada satu alasan mengapa Anda mengalami masalah Wi-Fi dengan ponsel Android Anda, itu dapat dikategorikan ke dalam 4 keadaan.
4 Kemungkinan alasan:
1. Konfigurasi jaringan seperti alamat IP dan DHCP
2. Kesalahan perangkat lunak dan firmware
3. Kata sandi dan misinformasi
4. Distribusi gelombang radio: (WiFi adalah gelombang radio yang berjalan dalam garis lurus, itu dapat ditafsirkan jika Anda berada di lokasi terpencil dari modem atau di belakang dinding diskrit)
Solusi 1: Alihkan Wi-Fi Anda
Baik Anda tidak dapat terhubung sama sekali atau koneksi Wi-Fi Anda terus menurun, toggling koneksi Wi-Fi dikenal efektif dalam banyak kasus. Tarik ke bawah area notifikasi telepon Anda dan cari ikon Wi-Fi, ketuk di atasnya untuk mematikannya, tunggu selama lima detik dan hidupkan kembali. Biarkan ponsel mencari koneksi Wi-Fi yang tersedia dan periksa apakah masalah Anda sudah diperbaiki. Trik sederhana ini efektif tidak peduli model mana yang Anda miliki. Ini tetap masalah Samsung Galaxy S2 Wi-Fi, tetapi juga memecahkan masalah-masalah Wi-Fi Samsung Galaxy S7 Edge untuk beberapa pengguna.
Solusi 2: Alihkan Mode Pesawat
Ini adalah perbaikan yang telah berhasil bagi banyak pengguna, jadi cobalah toggling the Airplane. Anda dapat mencari Airplane Mode di area notifikasi ponsel Samsung Galaxy Anda, bagi yang tidak menemukannya, Anda dapat mengetuk ikon yang memungkinkan Anda untuk memeriksa semua ikon area notifikasi dan mencari Mode Pesawat. Matikan, tunggu selama lima detik dan Hidupkan lagi.
Solusi 3: Apakah Bluetooth Ponsel Anda Aktif?
Bluetooth dapat membuat konflik untuk Wi-Fi karena beberapa pengguna telah memperhatikan bahwa pada ponsel tertentu ketika Bluetooth diaktifkan, Wi-Fi tidak berfungsi. Jika Android Smartphone Bluetooth Anda Aktif, matikan Off dari area notifikasi dan kemudian coba gunakan kembali Wi-Fi Anda untuk memeriksa apakah masalahnya sudah diperbaiki.
Solusi 4: Mode Hemat Daya
Mode hemat daya dimaksudkan untuk membantu baterai Anda mengonsumsi lebih sedikit daya. Karena Wi-Fi diketahui menguras baterai dengan cepat, ketika Anda mengaktifkan mode Power Saving, biasanya Anda memutus koneksi Wi-Fi Anda. Pastikan Mode Hemat Daya Mati. Anda dapat mengakses Mode Hemat Daya dari menu Pengaturan telepon Samsung Galaxy Anda.
Banyak pengguna Samsung Galaxy S3 telah melaporkan masalah bahwa Samsung Galaxy tidak akan terhubung ke Wi-Fi dinonaktifkan mengatakan itu karena koneksi yang buruk. Ditemukan bahwa ketika ponsel kembali dari mode tidur, mode hemat daya mengganggu Wi-Fi dan entah bagaimana mengganggu sambungan. Masalahnya ada pada perangkat lunak sehingga pengguna harus memastikan bahwa Mode Hemat Daya dimatikan jika mereka ingin menggunakan koneksi Wi-Fi yang stabil.
Periksa apakah Mode Hemat Daya membuat konflik di ponsel Anda sehingga Anda dapat memperbaiki masalah Wi-Fi di perangkat Samsung Galaxy Anda atau perangkat Android lainnya.
Add caption |
Solusi 5: Lupakan Semua Jaringan Wi-Fi dan Mulai Lagi
Metode yang berguna dalam memecahkan masalah Wi-Fi, terutama ketika Anda tidak dapat terhubung ke jaringan adalah menghapus semua jaringan sehingga Wi-Fi ponsel Anda mendapatkan awal yang baru. Namun sebelum Anda memutuskan untuk melanjutkan, pastikan Anda memiliki semua detail yang Anda perlukan untuk tersambung kembali ke jaringan Wi-Fi Anda. Ini akan mencakup nama jaringan dan kata sandi yang diperlukan untuk terhubung ke jaringan.
1. Buka menu Pengaturan telepon Anda
2. Ketuk Koneksi
3. Cari Wi-Fi dan ketuk di atasnya
4. Semua jaringan Wi-Fi yang telah Anda tambahkan ke ponsel Anda akan tercantum di sini. Ketuk setiap nama jaringan dan ketuk Lupakan.
Setelah jaringan dihapus, Anda harus menambahkan jaringan yang ingin Anda hubungkan dengan masuk ke Pengaturan dan mengetuk Wi-Fi dan kemudian jaringan Wi-Fi. Di sini Anda akan menemukan jaringan yang ingin Anda hubungkan, ketuk di atasnya, masukkan kata sandi dan Anda harus dapat terhubung.
Masalah konektivitas Wi-Fi telah mengganggu banyak pemilik ponsel android dan kami punya banyak sekali pertanyaan dari mereka seperti bagaimana memperbaiki masalah Galaxy Wi-Fi Samsung Galaxy 2 dan masalah Samsung Galaxy S4 dengan Wi-Fi. Pemilik S7 dan S7 Edge tertentu.juga mengeluhkan masalah konektivitas di ponsel mereka dan solusi ini memecahkan masalah bagi sebagian besar pengguna Samsung Galaxy.
Solusi 6: Semua tentang Kata Sandi
Kata sandi tidak dapat dihindari penting karena dimaksudkan untuk mengamankan jaringan dari akses tidak sah dan jika Anda memasukkan kata sandi yang salah, Anda tidak akan dapat membuat sambungan. Meskipun Anda mungkin tahu kata sandinya, ada kemungkinan Anda salah memasukkan kata sandi. Periksa apakah Anda memasukkan huruf dengan benar dan apakah Anda memiliki caps lock di ponsel Anda Aktif atau tidak. Galat otentikasi Wi-Fi Samsung Galaxy S3 terjadi saat pelanggan mencoba menyambung ke jaringan yang menggunakan WPA2 tetapi masalahnya teratasi dengan bantuan pembaruan.
Solusi 7: Apakah Anda terhubung ke jaringan yang benar?
Lebih sering daripada tidak, Anda mungkin memperhatikan beberapa jaringan yang memiliki nama yang mirip. Pastikan Anda terhubung ke jaringan yang benar atau yang lain Anda tidak akan dapat dapat membuat koneksi.
Solusi 8: Saklar Jaringan Pintar
Ponsel Samsung Galaxy tertentu hadir dengan fitur Smart Network Switch yang berarti bahwa jika koneksi Wi-Fi tidak stabil, ponsel Anda akan secara otomatis beralih ke data seluler dan menggunakan koneksi data seluler. Sementara itu memudahkan kita untuk melupakan masalah yang terkait dengan Wi-Fi, jika Anda tidak ingin menggunakan koneksi data seluler Anda, kemudian matikan itu. Banyak pengguna yang mengeluh tentang Samsung Galaxy S5 terus menjatuhkan sinyal Wi-Fi, menemukan ini menjadi solusi yang bermanfaat.
1. Tarik bayangan Pemberitahuan
2. Ketuk ikon Wi-Fi untuk membuka menu Pengaturan Wi-Fi
3. Sekarang Ketuk Lainnya di kanan atas ponsel
4. Kotak baru akan muncul di layar dengan detail tentang Smart Network Switch
5. Ketuk Hidup untuk berhenti menggunakan Saklar Jaringan Pintar.
Solusi 9: Boot ulang ponsel Anda
Mem-boot ulang ponsel Anda dapat membantu Anda mengatasi beberapa masalah Wi-Fi ponsel Anda. Tekan dan tahan tombol Daya hingga Anda melihat menu Daya dan kemudian ketuk Mulai Ulang. Dalam beberapa detik, telepon Anda akan kembali menyala. Izinkan Wi-Fi untuk terhubung dan periksa apakah berfungsi seperti yang diharapkan.
Solusi 10: Pembaruan OS
Sistem operasi harus diperbarui secara berkala. Ponsel android Anda akan bekerja lebih baik ketika perangkat lunak telepon Anda diperbarui secara tepat waktu. Wi-Fi ponsel Anda mungkin tidak berfungsi karena bug di perangkat lunak. Ketika sebuah perusahaan menyadari adanya bug, mereka merilis perbaikan dalam pembaruan. Ketika Samsung Galaxy S3 sedang trending, salah satu masalah paling umum yang dihadapi oleh penggunanya adalah Samsung Galaxy S3 mereka dapat terhubung ke Wi-Fi tetapi tidak ada internet. Ini adalah solusi yang membantu banyak pengguna menyelesaikan masalah. Tidak hanya berfungsi di S3, banyak pengguna Samsung Galaxy telah melaporkan bahwa solusi ini juga bekerja untuk mereka di ponsel mereka.
1. Untuk memeriksa apakah ponsel Anda menggunakan perangkat lunak terbaru, buka Pengaturan
2. Ketuk Tentang Perangkat
3. Ketuk Periksa Pembaruan atau Unduh Pembaruan secara manual. Tergantung pada ponsel yang Anda gunakan, Anda mungkin menemukan opsi yang berbeda, tetapi Anda harus mencari opsi yang memungkinkan Anda memeriksa pembaruan di ponsel untuk memastikan bahwa ponsel Anda menggunakan perangkat lunak terbaru.
Solusi 11: Tetap Hidupkan Wi-Fi Saat Tidur
Jika perangkat Anda terus menjatuhkan koneksi Wi-Fi, maka itu adalah ide yang baik untuk memeriksa pengaturan Wi-Fi. Salah satu pembaca kami mengeluh mengatakan, "Samsung Galaxy S5 saya terus kehilangan koneksi" dan inilah yang memecahkan masalah:
1. Tarik ke bawah bayangan pemberitahuan dan ketuk ikon roda gigi untuk masuk ke pengaturan ponsel Anda
2. Sekarang cari Wi-Fi dan ketuk di atasnya.
3. Tergantung pada ponsel atau versi Samsung Galaxy yang Anda gunakan, Anda mungkin melihat opsi yang berbeda, ketuk pada tiga titik di kanan atas atau kata ‘Lainnya’
4. Sekarang cari Advanced dari menu drop-down dan ketuk di atasnya
5. Di bawah Pengaturan Lanjutan, Anda akan melihat "Tetap Wi-Fi di Selama Tidur"
6. Anda dapat memilih dari Selalu, Hanya ketika dicolokkan dan tidak pernah.
7. Ketuk Selalu untuk memastikan bahwa Wi-Fi Anda tetap terhubung setiap saat.
Ini dapat membantu Anda mengatasi masalah koneksi yang menurun ketika Wi-Fi akhirnya memutuskan sambungan karena ponsel Anda masuk ke mode tidur. Ini membantu bagi banyak pengguna Android yang tidak menyadari bahwa pengaturan mode tidur mereka campur tangan dengan koneksi Wi-Fi mereka.
Solusi 12: Mulai ulang Modem Anda
Jika semua perangkat yang terhubung ke modem tidak berfungsi, maka disarankan untuk memulai ulang modem Anda. Untuk melakukan ini, Anda harus mengikuti manual yang datang bersama dengan modem. Tergantung pada model dan jenis modem yang Anda gunakan, Anda mungkin harus mengikuti langkah yang berbeda. Memulai kembali modem membantu menyelesaikan masalah koneksi Wi-Fi yang timbul dari masalah di modem.
Jika Anda memperhatikan bahwa memulai ulang modem - (Baca cara memulai ulang modem di WikiHow.com) tidak memperbaiki masalah, periksa apakah Anda dapat terhubung ke jaringan dan menggunakan Wi-Fi dari perangkat lain menggunakan modem yang sama. Jika semua perangkat lain dapat terhubung dan menggunakan koneksi tanpa masalah, Anda dapat melanjutkan pemecahan masalah ponsel Anda.
Di sisi lain, jika tidak ada perangkat yang dapat terhubung, Anda akan diminta untuk memecahkan masalah modem Anda. Untuk ini, Anda dapat menghubungi pabrikan modem atau mengikuti instruksi yang disebutkan dalam manual yang datang bersama modem.
Solusi 13: Aplikasi Pihak Ketiga
Aplikasi pihak ketiga tertentu dapat menyebabkan konflik yang tidak memungkinkan Wi-Fi bekerja seperti yang diharapkan. Periksa apakah Anda baru saja mengunduh aplikasi sejak saat Anda mulai menghadapi masalah. Jika Anda melakukannya, maka Anda harus memeriksa apakah aplikasi diperbarui. Jika diperbarui dan mungkin masalahnya muncul dari aplikasi, hapus atau nonaktifkan aplikasi dan coba gunakan lagi sambungan Wi-Fi.
Ketika salah satu pembaca kami mengeluh bahwa Samsung Galaxy S4 Wi-Fi mereka tidak akan aktif, dia mengikuti sejumlah langkah pemecahan masalah sebelum menyadari bahwa itu adalah aplikasi pihak ketiga yang menyebabkan masalah. Jika Anda ingin memeriksa apakah aplikasi pihak ketiga yang menyebabkan masalah atau tidak, maka aktifkan ponsel Anda dalam Mode Aman.
1. Tekan dan tahan tombol Daya
2. Selanjutnya, ketuk dan tahan Power Off
3. Anda akan ditanya apakah Anda ingin reboot ke mode aman
4. Tekan OK
5. Perangkat Anda akan boot ke mode Aman
6. Layar home Anda harus memiliki kata-kata Mode Aman yang ditulis di bagian kiri bawah layar.
Coba gunakan ponsel Anda dalam Mode Aman dan periksa apakah koneksi Wi-Fi berfungsi tanpa masalah. Jika itu terjadi maka pihak ketiga mungkin menyebabkan masalah. Anda kemudian dapat me-restart ponsel Anda dengan cara biasa untuk masuk ke mode normal dan kemudian memeriksa pembaruan untuk aplikasi Anda. Jika semua aplikasi diperbarui tetapi masalahnya terus berlanjut, Anda mungkin ingin mencopot pemasangan aplikasi yang menurut Anda mungkin menyebabkan masalah hingga Wi-Fi berfungsi dengan benar.
Solusi 14: Periksa Pengaturan Router Nirkabel Anda
Ketika ponsel android saya tidak terhubung ke Wi-Fi, saya biasanya mempertimbangkan memeriksa pengaturan router nirkabel - (Baca panduan resmi dari linksys.com), saya juga menggunakannya, karena saya mungkin telah mencoba pengaturan dan berakhir memblokir ponsel saya untuk tersambung ke Wi-Fi. Pastikan ponsel Anda diizinkan untuk mengakses Wi-Fi dan Alamat Mac-nya tidak diblokir atau Anda tidak akan dapat terhubung ke router Wireless.
Solusi 15: Tanggal dan Waktu
Mereka yang sering bepergian terutama di antara zona waktu mungkin melihat masalah dengan Wi-Fi mereka karena tanggal dan waktu ponsel cerdas Android Anda memainkan peran penting. Ini harus sesuai dengan tanggal dan waktu di router yang Anda coba sambungkan atau Anda tidak dapat membuat koneksi.
Pastikan tanggal dan waktu ponsel Anda mencerminkan tanggal dan waktu lokasi Anda berada. Anda dapat mengubah detailnya dengan menavigasi ke menu Setelan ponsel Anda dan mengetuk Tanggal dan Waktu. Selanjutnya, Anda harus mengubah tanggal dan waktu ke lokasi Anda saat ini dan kemudian mencoba untuk terhubung ke Wi-Fi.
Solusi 16: Perbarui firmware Modem Anda
Ponsel Android tertentu Masalah Wi-Fi tidak benar-benar muncul dari ponsel sama sekali, sebaliknya, mereka muncul dari router yang digunakan untuk terhubung ke jaringan nirkabel. Router dapat menyebabkan masalah dan mungkin memerlukan pembaruan firmware agar masalah Anda diperbaiki. Periksa apakah ada pembaruan firmware yang menunggu untuk router Anda dan perbarui. Anda mungkin harus mengikuti langkah-langkah untuk memperbarui router Anda dengan menggunakan manual atau Anda bisa mendapatkan bantuan online untuk router Anda.
Setelah Anda memperbarui router, coba sambungkan ponsel ke jaringan Wi-Fi lagi dan periksa apakah masalahnya sudah diperbaiki.
Solusi 17: Hapus cache dan Data dari Wi-Fi Direct
Jika Samsung Galaxy Anda tidak dapat terhubung ke jaringan WiFi, maka salah satu langkah untuk menyelesaikan masalah adalah dengan menghapus cache dan data Wi-Fi Direct. Solusi ini berfungsi untuk semua ponsel Samsung Galaxy hingga ke Samsung Galaxy S7 dan S7 Edge terbaru. Menghapus data ini tidak akan menimbulkan masalah apa pun karena ponsel secara otomatis membuat file cache baru jika yang lama telah dihapus. Namun, Anda mungkin akhirnya kehilangan kata sandi yang mungkin telah disimpan di dalamnya. Jadi pastikan Anda tahu nama jaringan dan kata sandi untuk jaringan yang biasanya Anda hubungkan.
1. Arahkan ke menu Pengaturan telepon Anda
2. Pergilah ke aplikasi
3. Ketuk Manajer Aplikasi dan cari Wi-Fi Direct di bawah Semua
4. Ketuk pada Wi-Fi Direct
5. Ketuk Clear Data dan konfirmasikan
6. Ketuk Clear Cache dan konfirmasikan
Sekarang nyalakan ulang ponsel Anda dan coba gunakan Wi-Fi Anda. Periksa apakah masalah telah diperbaiki.
Solusi 18: Hapus Cache Partisi ponsel android Anda
Ketika pengguna Samsung Galaxy S5 diperbarui ke Android Lollipop, banyak pengguna melaporkan, bahwa Samsung Galaxy S5 Wi-Fi menjadi lebih lambat setelah memperbarui ke Lollipop. Masalah ini diselesaikan dengan menghapus partisi cache ponsel sehingga file cache baru dapat dibuat untuk telepon. Jika Anda menghadapi masalah serupa saat memperbarui ponsel, Anda mungkin menemukan solusi ini bermanfaat. Setelah partisi cache dihapus, data baru secara otomatis dibuat di telepon.
Menghapus Partisi Cache Pada LG G5 / Wipe Cache Partition Pada HTC ONE M9 / Wipe Cache Partition On Nexus
1. Matikan Telepon
2. Tekan dan Tahan Tombol Volume Turun dan Utama bersamaan dan Hidupkan telepon Anda dengan menekan terus tombol Daya.
3. Ketika Anda melihat ikon Android di layar Anda, lepaskan tombol Daya tetapi terus tekan dan tahan 4. kedua kunci lainnya sampai Anda melihat menu muncul di layar Anda.
5. Setelah Anda berada di menu, gunakan tombol Volume Turun untuk menyorot opsi yang bertuliskan ‘ Hapus Partisi Cache’
6. Sekarang Tekan tombol Daya untuk mengonfirmasi pilihan Anda
Setelah proses penghapusan file cache selesai, Anda akan kembali pada menu yang sama. Gunakan tombol Volume untuk menyorot opsi, Reboot System Now dan telepon Anda akan restart dan kembali ke mode normal. Hubungkan ke Wi-Fi dan periksa apakah berfungsi. Solusi ini sangat membantu jika Wi-Fi tidak berfungsi setelah pembaruan terkini atau jika tidak berfungsi karena file cache sistem rusak.
Solusi 19: Atur ulang Perangkat Android Anda ke Pengaturan Pabrik
Ini adalah solusi terakhir namun paling efektif untuk Android tidak akan terhubung ke masalah Wi-Fi. Saat Anda mengatur ulang perangkat ke pengaturan pabrik, Anda mengembalikannya ke kondisi semula. Ini berarti semua data termasuk aplikasi yang telah Anda unduh akan hilang. Inilah sebabnya mengapa perlu membuat back-up untuk data sebelum Anda melanjutkan dengan reset pabrik. Semua ponsel Samsung Galaxy akan memberi Anda pilihan untuk mencadangkan data sebelum disetel ulang di menu Setelan ponsel. Anda dapat menggunakan opsi back-up inbuilt atau Anda dapat memilih untuk mencadangkan data secara manual ke komputer atau menggunakan aplikasi.
Setelah back-up dibuat, ikuti langkah-langkah berikut:
1. Buka menu Pengaturan telepon Android Anda.
2. Ketuk Cadangkan dan Setel Ulang, Bergantung pada versi Android yang Anda gunakan, Anda mungkin melihat opsi serupa
3. Sekarang ketuk Penyetelan Ulang Data Pabrik
4. Ketuk Setel ulang ponsel
Ponsel Anda akan memerlukan waktu untuk disetel ulang ke pengaturan pabrik dan akan dimulai ulang. Setelah ini selesai, coba periksa apakah masalah Anda diperbaiki setelah reset pabrik.
Baca juga: Cara Download 5 Aplikasi dan Situs Pembuat Poster
Terbaik Untuk Android, iPhone, PC & Mac
Itulah tadi tutorialCara Memperbaiki Android yang Tidak Terhubung ke Wi-Fi.
Semoga tutorial diatas bermanfaat ya? terima kasih..
0 Komentar untuk "Ini Cara Memperbaiki Android yang Tidak Terhubung ke Wi-Fi"